Jenis-Jenis Instrumen Musik yang Perlu Anda Ketahui

Ketika kita bicara mengenai jenis jenis instrumen musik ,maka Ada banyak hal yang bisa kita bahas. Instrumen musik yang ada di seluruh dunia ini sangat banyak jumlahnya. Akan tetapi, alat-alat musik ini dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan pengelompokannya. Jenis-jenis alat musik yang ada di seluruh dunia ini biasanya dikelompokkan berdasarkan dengan sumber bunyinya dan juga cara memainkannya. Untuk anda yang penasaran dan ingin belajar lebih lanjut, Berikut ini adalah ulasan. 

Pengelompokan alat musik berdasarkan sumber bunyinya

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibedakan menjadi tiga jenis yaitu alat musik yang menghasilkan bunyi dari senar atau kordofon, alat musik yang menghasilkan bunyi dari bahan dasarnya atau idiofon dan yang terakhir adalah alat musik yang menghasilkan bunyi dari sebuah udara yang ditiup dalam sebuah rongga atau aerofon. 

Alat musik kordofon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alat musik kordofon adalah alat musik yang menghasilkan bunyi dari dawai atau senar. Jenis dari alat musik ini sangat luas. Mulai dari gitar, retak, harpa, biola, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis alat musik idiofon

Jenis jenis instrumen musik idiofon adalah jenis alat musik yang menghasilkan nada dari bahan dasar yang dimilikinya. Contohnya adalah alat musik gong. Alat musik gong adalah alat musik yang dapat menghasilkan nada dari bahan yang dimilikinya. Alat musik gong, adalah alat musik yang bisa menghasilkan suara dari logam yang menjadi bahan utama dalam pembuatannya. Contoh lain dari alat musik yang bisa dikategorikan sebagai alat musik idiofon adalah alat musik bonang, Slendro, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat musik aerofon

Selanjutnya jenis alat musik terakhir dari pengelompokan berdasarkan sumber bunyinya adalah air alat musik aerofon alat musik aerofon adalah alat musik yang dapat menghasilkan bunyi ketika ia ditiup. Salah satu contoh dari jenis alat musik aerofon yang sangat populer adalah jenis alat musik lain yang cukup modern yang berasal dari jenis ini adalah alat musik pianika.

Alat musik membranofon

Jenis alat musik selanjutnya yang akan kami bahas adalah alat musik membranofon. Alat musik membranofon merupakan alat musik yang dapat menghasilkan nada dari membran yang dimilikinya. Alat musik ini sangat banyak ditemukan di Indonesia maupun pada alat musik internasional. Salah satu contoh alat musik membranofon yang sangat populer adalah alat musik drum. Alat musik ini merupakan alat musik yang masuk dalam golongan alat musik membranofon yang populer karena digunakan dalam Band.

Contoh lain dari alat musik membranofon ini adalah alat musik gendang. Alat musik gendang adalah alat musik yang terbuat dari kayu yang bagian ujungnya dibalut dengan menggunakan kulit. Ketika anda memukul kulit ini, maka anda akan mendapatkan suara suara dengan nada yang sesuai dengan harapan anda.

Penggolongan alat musik berdasarkan masanya dimainkan

Cara lain yang bisa digunakan untuk menggolongkan alat musik adalah mengenai cara alat musik tersebut dimainkan. Cara untuk memainkan alat musik Ada sangat banyak jumlahnya adalah alat musik yang dipetik dan alat musik yang digesek alat musik yang ditiup dan yang terakhir adalah alat musik yang dipukul. 

  • Jenis alat musik yang dipetik, alat musik yang dipetik adalah alat musik yang biasanya dibuat dengan menggunakan senar. Contoh dari alat musik yang dipetik ini adalah alat musik gitar, bass, harpa dan masih banyak lagi yang lainnya. 
  • Untuk alat musik yang ditiup, contoh jenis alat musik ini adalah alat musik seruling, pianika, terompet, Saksofon dan masih banyak lagi yang lainnya
  • Untuk jenis alat musik yang dipukul, contoh jenis alat musik yang bisa menghasilkan suara saat dipukul tersebut adalah alat musik kendang, piano dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat musik yang digesek, jenis jenis instrumen musik yang bisa menghasilkan suara ketika digesek antara lain adalah alat musik biola, rebab dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *