Jenis Alat Musik Kordofon yang Harus Anda Kenal

Alat musik kordofon adalah jenis alat musik yang dapat menghasilkan nada dengan menggunakan senar atau dawai. Jenis alat musik kordofon ini secara garis besar ada tiga jenis yaitu alat musik kordofon yang dipetik, alat musik kordofon yang digesek dan juga alat musik kordofon yang yang dipukul. Untuk anda yang penasaran dengan ketiga jenis alat musik kordofon ini, Berikut ini adalah ulasannya.

Alat musik kordofon yang digesek

Alat musik kordofon yang digesek adalah alat musik yang biasanya terdiri dari beberapa senar dan juga sebuah alat dari bahan bulu yang digunakan untuk menggeser senar senar tersebut. Untuk memainkannya, di bagian atas dari alat musik ini akan ditekan untuk menghasilkan kunci-kunci tertentu. Setelah itu ia akan di gesek di bagian tengah dengan menggunakan alat geseknya dengan cara beragam agar bisa menghasilkan suara sesuai dengan yang diharapkan pemainnya. Contoh alat musik kordofon gesek yang paling banyak ditemukan adalah alat musik biola. Untuk contoh alat musik kordofon gesek lokalnya, contohnya adalah rebab.

Alat musik kordofon yang dipetik

Alat musik kordofon selanjutnya yang akan dibahas adalah alat musik kordofon yang dipetik. Sesuai dengan namanya, alat-alat musik yang tergolong dalam jenis ini adalah alat musik yang dimainkan dengan menggunakan jari dan dipetik. Jenis alat musik kordofon yang dipetik ini merupakan jenis alat kordofon yang paling populer. Salah satu contoh dari alat musik kordofon yang diketik ini adalah gitar. 

Selain gitar masih ada banyak lagi jenis alat musik kordofon yang bisa dimainkan dengan cara dipetik. Mulai dari pagi hingga alat musik harpa. Sebagian besar alat musik kordofon yang dipetik dimainkan dengan menggunakan dua tangan. Tangan yang sampai digunakan untuk membuat kunci dan tangan yang lainnya digunakan untuk menghasilkan melodi. Biasanya jenis alat musik kordofon yang seperti ini juga memiliki senar yang sedikit kecuali harpa. 

Alat musik harpa merupakan salah satu jenis alat musik kordofon yang dipetik tapi memiliki keunikan. Untuk memainkan harpa, anda tidak perlu menekan senar untuk menghasilkan nada tertentu. Untuk memainkan alat musik kordofon yang dipetik ini anda menggunakan dua tangan anda untuk memetik masing-masing dari senar. 

Melodi yang dihasilkan dengan menggunakan alat musik harpa ini biasanya akan sangat indah dan menyenangkan. Meski begitu, jenis alat musik ini bukan merupakan jenis alat musik yang mudah untuk dimainkan.

Alat musik kordofon yang dipukul

Mungkin anda bertanya-tanya mengenai apa sih jenis alat musik kordofon yang dipukul ini? Jika ya anda tidak perlu bingung. Hal ini disebabkan karena alat musik kordofon yang dipukul ini sesungguhnya merupakan alat musik yang sangat sering digunakan untuk bermain musik. Alat musik ini merupakan jenis alat musik yang banyak digunakan dalam pembuatan musik klasik. 

Hayo apa? Pasti anda makin penasaran bukan? Alat musik kordofon yang dipukul ini salah satu contohnya adalah alat musik piano klasik. Alat musik piano klasik, merupakan alat musik yang dapat menghasilkan nada dengan menggunakan pukulan pukulan pada senar yang dimilikinya. 

Jadi, ketika kita bermain piano klasik kita tidak bermain dengan memukul benda-benda putih yang ada di depan kita, tapi membuat musik dengan memukul senar-senar yang ada di belakangnya. Ukuran dari senar sangat tergantung dengan nada yang ingin dihasilkan. Hal inilah yang menyebabkan bentuk dari piano biasanya memiliki lekukan yang mengindikasikan panjang dan pendeknya senar yang ada di dalam piano tersebut.

Nah sudah tahu bukan tiga jenis alat musik kordofon yang ada di sekitar anda tanda tanya di antara tiga alat musik ini, jenis alat musik yang paling mudah digunakan untuk belajar adalah alat musik kordofon yang dipetik. Hal ini disebabkan karena alat musik yang dipetik ini biasanya memiliki ukuran yang membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Selain itu harga dari jenis alat musik kordofon yang di plastik ini juga tidak terlalu mahal sehingga pasti membuat anda yang akan membelinya tidak merasa keberatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *